Le Marche Hipodromo 17 – 18 Oktober 2015

Posted on Oct 21 2015 - 12:07am by 2298

Sekitar kurang lebih 2 minggu lalu, istri saya dapet berita dari Facebooknya kalo di akhir minggu bakal ada acara dari Kedutaan Prancis disini, namanya Le Marche, yang nantinya bakal diadakan di Hipodromo de Palermo. Trus saya nanya, emang itu acara apaan sih? Dan istri saya bilang semacam acara rame-rameannya Prancis deh, pastinya bakalan ada banyak makanan yang dijual disana 😡 . Nah kalo begitu baru semangat, soalnya apapun nama acaranya, kalo isinya nggak ada makanan agak males buat dateng :)) . Le Marche ini sendiri sebenernya semacam French Market atau Pasar jualan dari Prancis, dan nggak cuma nyediain makanan asli negara yang bersangkutan tapi ada juga raw material atau bahan masak dan juga sebagian kecil tanam-tanaman disana. BTW kok bisa tau kalo bakal banyak makanan disana? Saya soalnya udah dikasih liat foto-foto acaranya dari tahun lalu, dan memang begitulah adanya 😡 .

Okelah kalo begitu, akhir pekan pun tiba, hari Sabtu tanggal 10 Oktober 2015. Sehabis bangun tidur, saya liat keluar jendela, cuacanya mendung dung dung. Antusiasme saya dan istri rada menurun soalnya takut pas kesana nanti malah ujan di tengah perjalanan. Pun faktor bawa si unyil bikin langkah kesana jadi agak berat juga, soalnya kami berdua disini kalo kemana-mana masih radius 4 kilometer pasti jalan kaki 😀 . Dengan perasaan 3/4 hati yang udah ngebayangin makanan-makanan disana (yang 1/4 nya ragu karena mendung), akhirnya kami putuskan buat jadiin deh. Stroller anak udah siap dengan plastik anti hujannya, istri saya pun siap dengan jaket hoodie anti hujan dan angin, saya sendiri cuma pake jaket anti angin tanpa hoodie, soalnya mikir positif nanti cuaca bakal cerah lagi.

Kami pun mulai melangkah keluar dari tempat tinggal, dan sampai di tengah perjalanan gerimis rintik-rintik mulai turun, saya nggak pake hoodie, nggak bawa topi, nggak bawa payung :)) . Lanjut, akhirnya sampe di lampu merah deket Hipodromo, dari situ saya liat ada keramaian tapi kok nggak serame kalo lagi ada acara, jadi agak ragu-ragu. Dan pas lagi disitu istri saya baru bilang acaranya ini bisa dibatalin kalo emang cuacanya nggak mendukung b-( . Kepalang tanggung, lanjut deh, nyebrang lampu merah, dan bener aja sampe disana nggak ada penampakan tenda, acara dibatalkan karena hujan, dan akhirnya kami makan di McD bawah rel kereta api deket situ :)) .

Skip-skip, masuk ke minggu berikutnya, istri saya bilang kalo acaranya ini di-reskejul ke weekend berikutnya, disitu saya mulai semangat lagi dan berharap kali ini nggak batal. Hari berganti, waktu berlalu… (kek lagu stinky =)) ) hari Sabtu tanggal 17 Oktober 2015 pun tiba. Sebenernya udah semangat mau berangkat dari pagi (jam 10an), pokoknya udah antusias banget deh, tapi karena harus ada yang dikerjakan dulu di rumah, akhirnya kita berangkat jam 14.30, naik taksi aja biar cepet, udah sore soalnya. Di tengah perjalanan lewat Plaza Gral. Paez kami ngeliat ada acara juga, lokasinya ini nggak jauh dari acaranya Le Marche, ternyata Ukraina punya, jadi nanti setelah dari Hipodromo diniatkan untuk kesitu juga (dengan harapan ada makanan lagi 😀 ).

Tibalah di pintu gerbang, masuk ke dalam disambut dengan plang Le Marche, intip sebentar deh gambarnya nih

Le Marche - Masakjourney.com

Kami berdua bener-bener lapar, asli lapar, nggak pake lama dari pintu gerbang langsung ada stand jual makanan saya lupa namanya, dan nggak sempet difoto juga, jadi semacam kulit lumpia atau pangsit yang isinya keju plus semacam sayur tumis (rasanya manis gitu), disiram kuah krim, trus istri saya beli chocolate mousse disitu juga, beneran karena kita laper banget jadi langsung kita santap nggak pake lama, ludes. Lanjut, perut udah keisi dikit jadi lumayan bisa nahan buat observasi makanan dulu. Jujur kami nyari makanan yang emang di Buenos Aires ini nggak ada, soalnya banyak yang kami temuin seperti roti-rotian (baguette dkk.), sandwich, torta, gitu-gitu yang memang aseli dari Prancis itu disini dijual dimana-mana, jadi prioritas emang yang kami jarang temuin. Walhasil ada satu stand makanan yang emang cukup rame dan antre, Crepes 😀 .

Un Dos Crepes - Masakjourney.com

Crepes ini makanan yang aseli dari salah satu daerah di Prancis sana, cuma yang jual ini ternyata punya toko disini, jadi kalo soal otentik atau nggaknya saya kurang tau. Liat menunya ada lumayan banyak, tapi yang saya pesen isinya salmon and white cheese, kalo satu lagi buat istri isi selai coklat dan pisang. Harganya satu porsi 50 pesos, dan bagusnya yang buat ini kerjanya cepet, jadi nunggu nggak pake lama, dari banyaknya orang yang antre cuma 10 menit saya udah dapet Crepesnya. Sembari nunggu crepes selesai dibuat, stand makanan sebelah ini ternyata menggoda luar biasa, isinya itu muacem-muacem pie, tart, roti-rotian, dan eskrim. Saya bilang sama istri, ini kita beli aja buat dibawa pulang, jangan makan disini, ntar kalap jadinya, soalnya takut masih banyak yang masih bisa dicobain. Kami pun beli untuk dibawa pulang ada Apple Crumble, Croissant Almond, Scon 4 Queso (favorit saya), dan es krim rasa pistachio plus cream cheese.

Apple Crumble - Masakjourney.com

Croissant & Scon 4 Queso - Masakjourney.com

Pistachio Ice Cream - Masakjourney.com

Itu eskrim yang rasa satunya ada di bawah, ketutupan sama Pistachionya. BTW orderan crepes dateng, kita foto dulu barbuknya sebelum disikat!

Crepes Salmon White Cream - Masakjourney.com

Crepes Choco Banana - Masakjourney.com

Crepesnya ini besar dan padat, kalo di Indonesia saya seringnya makan crepes itu tifisss dan renyah, kalo yang ini agak tebal dan letoy gitu, dimakannya jadi mantep, satu porsi ini perut udah terasa lumayan kenyang (tapi nafsu masih belum kenyang :)) ). Untuk model crepes letoy gini cocok banget diisi sama salmon dan krim keju putih, rasanya enak poooolll, tapi kalo yang satunya isi coklat pisang itu emang cocoknya dibikin kulitnya tipis dan renyah, jadi rasanya biasa aja.

Okeh lanjut saya kami berdua muter-muter, berharap bakal nemuin makanan yang nggak kami liat ada di Buenos Aires, tapi kenyataannya emang makanan dari Prancis udah banyak diadopsi jadi makanan sini, salah satunya yang terkenal ya itu si mungil Medialuna (artinya: half moon), kalo di negara asalnya itu Croissant. Bedanya kalo si luna ini ukurannya lebih kecil, lebih empuk, dan diisi macem-macem mulai dari coklat sampe dulce de leche. Oh ya, ada juga yang jualan burger daging kambing, kalo kata istri saya emang si mbek ini makanan asli sana, tapi pengen beli rada males soalnya inget di freezer masih ada stok daging kambing kurban kemarin :)) .

Jalan terus dari ujung awal sampe ujung menuju pintu keluar, kami nemuin satu stand makanan yang isinya macem-macem, kebetulan ada satu yang bikin saya tertarik, tarta yang dibuat dari telur, keju, dan jamur. Beli satu, dan nggak salah emang rasanya enak banget. Paduan gurihnya telur, keju yang meleleh, jamur, dan kulit tarta rasa keju yang agak krunchy, pas dimulut itu nyessss banget, ini dia gambarnya.

Tarta hongos - Masakjourney.com

Saya cuma makan satu potong, sisanya saya bawa pulang, sayang soalnya kalo diabisin semuanya disitu, save the flavor for later 😀 . Udah abis semua stand didatengin, seperti yang saya bilang tadi, makanannya nggak ada yang bener-bener spesial sebenernya, karena udah sering kami liat disini, kami jadi nggak terlalu lama di dalem, paling 1/2 jam, tapi meriahnya lumayan kok.

Selesai dari situ langsung lanjut liat acaranya dari Kedutaan Ukraina, ternyata cuma acara sosial aja, nggak ada makanan, nggak seru :)) . Dah deh kalo gitu, saya sertain aja ya foto-foto stand makanan dan keramaiannya selama di Le Marche en Hipodromo de Palermo. Salam MJ!

Peta Le Marche Hipodromo - Masakjourney.com

The Crowd at Le Marche Hipodromo - Masakjourney.com

Makanan at Le Marche Hipodromo - Masakjourney.com

Makanan at Le Marche Hipodromo - Masakjourney.com

Makanan at Le Marche Hipodromo - Masakjourney.com

Makanan at Le Marche Hipodromo - Masakjourney.com

Makanan at Le Marche Hipodromo - Masakjourney.com

Makanan at Le Marche Hipodromo - Masakjourney.com

Makanan at Le Marche Hipodromo - Masakjourney.com

Stand Makanan at Le Marche Hipodromo - Masakjourney.com

Stand Makanan at Le Marche Hipodromo - Masakjourney.com

Stand Makanan at Le Marche Hipodromo - Masakjourney.com

Stand Makanan at Le Marche Hipodromo - Masakjourney.com

King Crab at Le Marche Hipodromo - Masakjourney.com

Log in Facebook to comment