Resep Semur Daging Sapi Untuk Lebaran

Posted on Jul 17 2015 - 2:13am by 2298

Lebaran telah tiba! Ya itu di Indonesia, udah lebaran duluan, disini masih malam hari, besok pagi baru mulai shalat Ied 😀 . Semur daging sapi ini jaman dulu waktu saya masih kecil sering dibuatin sama orang tua saya, buat makan pake nasi. Tapi kalo sekarang-sekarang udah rada males makan semur pake nasi biasa (sebagai lauk utama), paling kalo malem-malem makan nasi uduk betawi, pake tahu satu sama minta kuahnya biar rada becek. Juga makan semur buat temen makan ketupat / lontong opor lebaran.

Tadinya saya sama istri udah sepakat kalo lebaran kali ini nggak usah bikin makanan ala-ala, soalnya kan rada ribet buat persiapannya, tinggal cuma berdua di apartemen plus ngurus anak yang lagi lucu-lucunya sekarang. Toh besok sore setelah shalat jum’at ada undangan Halal bi Halal sekalian arisan dan makan-makan di Wisma KBRI (walaupun sebenarnya saya sangat malas untuk kesana, tapi ya karena support istri aja, jadinya saya mau hadir). Sebagai pengganti makanan lebaran kami tadinya mau bikin soto mie, cuma baru aja beberapa hari lalu udah keburu bikin duluan (saya kalo lagi pengen bikin sesuatu mendadak soalnya :p ). Akhirnya saya berpikir ulang, sekalian bikin seneng hati kami dengan suasana lebaran di Indonesia, yaudah bikin deh semur daging sapi buat temennya opor ayam.

Buat saya yang namanya semur ini wajib ada di menu lebaran, kenapa? Utamanya lauk lebaran itu pake kuah santan, seperti opor ayam dan / atau sayur godog. Kalo cuma salah satu atau salah dua dari makanan itu yang dimakan pake lontong atau ketupat rasanya masih kurang, ga ada manisnya. Nah semur inilah yang bikin campuran ketupat lebaran jadi makin mantap! Rasa gurih opor, dipadu dengan kuah spicy sayur godog, ditambah manisnya semur daging, lalu pedas bergoyang sambal goreng kentang (walaupun si godog dan sambel goreng ga sempet bikin, soalnya waktu persiapan untuk belanja dan masak cuma 2 hari sebelum lebaran, dan yang ngerjain ini dari a – z ya saya, kecuali lontong itu istri saya yang bikin).

Untuk bikin semur daging ini nggak susah, malah bisa dibilang bisa santai sambil main PES, mungkin persiapannya aja kali yang agak bikin berantakan. Tapi kalo buat saya sih nggak, soalnya sebelum dan sesudah masak / makan kondisi harus sama dengan sewaktu masih bersih 😀 . Oke kalo gitu langsung aja ya resep semurnya.

Bahan dasar

  • Daging Sapi 1/2 kg

Bumbu

  • Shallot / bawang merah 11 buah
  • Garlic / Bawang putih 9 buah
  • Lada yang sudah bubuk 1 sendok teh
  • Biji pala sesuai selera
  • Jahe secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula merah / aren secukupnya
  • Kecap sesuai selera item dan manisnya

Tambahan

  • Bawang goreng

Cara membuat
Resep diatas itu untuk daging 1/2 kilogram ya, kalo lebih ya tinggal dikali aja. Daging sapi dipotong kotak-kotak (ukuran terserah, kalo mau segitiga atau segilima juga boleh), setelah itu dicuci bersih, lalu tiriskan sampai benar-benar kering.

Daging sapi - MasakJourney.com

Untuk bumbu-bumbu diatas semuanya dicampur dan dihaluskan kecuali gula merah dan kecap. Ukuran banyaknya bawang merah dan putih saya patokan 11 dan 9, tapi karena (pasti) ukuran yang berbeda-beda (walau sedikit) ya bolehlah tambah atau kurangi satu-dua, fleksibel aja. Untuk menghaluskannya bisa pake blender, hand blender, atau diulek pake tangan biar greget :)) .

Bumbu semur daging - MasakJourney.com

Lah, katanya shallotnya 11? Itu kok cuma 3? Apa ga salah liat? :-B Iya coba diliat dulu dong ukuran shallotnya, itu 1 biji = 3 sampai 4 biji yang ukuran di Indonesia kan, kalo pakenya beneran 11 buah bisa jadi sirup nanti ;)) .

Bumbu semur dihaluskan - MasakJourney.com

Setelah itu siapkan penggorengan, atau panci juga boleh sih, masukkan minyak goreng, daging yang telah diiris, bumbu yang telah dicampur dan dihaluskan, dan juga kecap.

Campur daging dan bumbu - MasakJourney.com

Aduk daging dan bumbu - MasakJourney.com

Nyalakan api kompornya kecil aja, aduk rata, kita ungkep ini daging sampe matang dan harum, aduk sesekali aja. Ini dimaksudkan biar bumbunya meresap dulu ke dalam daging, jadinya ketika dimakan nanti rasa dagingnya mantap! 😀 Sambil nunggu (kira-kira 45 menit) kalo saya sih ya sambil ngasi minum susu ke anak, trus main PES, ya sambil santai-santai dulu lah, kan sambil puasa soalnya.

Semur setengah matang - MasakJourney.com

Setelah daging matang dan bumbunya meresap seperti diatas, tambahkan air, untuk ukurannya ini ya sesuai selera aja, kalo mau agak kental ya tambah jangan terlalu banyak, tapi kalo mau kuahnya bisa buat makan sebulan bolehlah banyakin :)) .

Tambah air tahu - MasakJourney.com

Kebetulan di kulkas ada tahu, masukin sekalian deh beberapa biar jadi tambah isinya. Jangan lupa masukkan sisa bumbu yang kurang seperti gula merah atau gula aren, garam, dan kecap kalau kurang hitam pekat.

Semur daging matang - MasakJourney.com

Kalo udah matang keliatan mantep deh warnanya, aroma dan rasa pas dicobain (kalo pas ngebumbuinnya) juga pasti luar biasa 😀 . Yang terakhir tinggal taburi bawang merah goreng aja biar tambah sedep dan harum lagi, setelah itu siap disantap untuk campuran lauk lebaran lainnya. Gimana bikinnya gampang kan? Tinggal campur-campur doang, aduk dikit, trus tungguin ampe mateng. Buat yang lebih mantep lagi, pas lagi ungkep dagingnya itu kecapnya kasih langsung semua / langsung banyak aja, jadi langsung hitam meresap ke daging semurnya. Tadi saya nggak ngasih langsung banyak soalnya lagi puasa, jadi takutnya malah terlampau manis karena nggak bisa nyobain, hehe…

Salam MJ!

Log in Facebook to comment