Resep Rendang Padang Mantap

Posted on Apr 3 2017 - 4:31pm by 2298

Lagi kangen sama salah satu makanan yang paling lezat asal Sumatera Barat, rendang bro! Korek-korek freezer ternyata masih ada simpenan daging sapi yang bagiannya pas banget buat dibikin rendang. Saya nggak tau kalau di Indo apa namanya, tapi disini disebutnya “Tapa de Asado” atau linggisnya itu “Ribeye Cap”. Untuk tingkat kesulitannya menurut saya bikin rendang ini biasa aja, alias gampang. Cuma yang harus diperhatikan itu ya kesabarannya aja, soalnya bikinnya lumayan lama, minimal 5 jam 😀 (itu minimal loh). Yaudah langsung aja yah nggak usah lama-lama, kita bikin nih makanan yang nikmatnya luar biasa.

Bahan-bahan

  • Daging sapi 1 kilo, dipotong kotak-kotak, atau bisa juga dipotong model kayak empal
  • Santan kental 500 ml (saya pakai santan jadi)

Bumbu halus

  • Bawang merah / shallot 9 siung
  • Bawang putih / garlic 7 siung
  • Jahe 2 cm
  • Cabe (merah atau rawit atau campur disesuaikan selera aja)

Bumbu lainnya

  • Daun jeruk 2 lembar
  • Daun kunyit 1 lembar
  • Lengkuas 3 cm
  • Serai 1 batang digeprek dan memarkan
  • Bumbu bubuk untuk makanan padang beli di pasar :))
  • Garam secukupnya

bumbu rendang padang - MasakJourney.com

Diatas saya pakainya paprika campur cabe rawit, kenapa? Karena disini nggak ada cabe merah keriting, mau beli jalapeno juga males kudu pergi ke Barrio Chino yang rada jauh, jadi sebagai alternatif biar warnanya bagus saya pake paprika, tentunya dengan dicampur cabe rawit aseli dari Indo dongs :p Bisa aja kalo mau pake cabe rawit semua, cuma selain warnanya nanti kurang merah, namanya cabe rawit disini nggak ada ya kudu disayang-sayang lah pakenya :)) Sama satu bumbu racikan itu saya juga dibawain, itu katanya bumbu all purpose untuk masakan padang, katanya sih isinya campuran jinten, pala bubuk, sama ketumbar. Saya belum coba ngeracik sendiri sih, tapi yang pasti bumbu ini khas banget wanginya.

Untuk cara masaknya, saya pernah diajarin biar bumbunya meresap banget, dagingnya pertama-tama diungkep dulu sama bumbu halus, setelah matang baru dimasukkan santan dan dimasak hingga matang. Akan tetapi 😀 (ada tapinya nih), karena disini daging itu beda dengan di Indo, walaupun bisa dibilang ada bagian yang agak keras dan bisa dimasak agak lama, tapi nggak sekeras daging di Indo. Kalau saya ikutin gaya masak diungkep dulu abis itu baru masukin santan, bisa-bisa jadi bubur dagingnya, alias ancur-ancuran. Makanya untuk bikin rendang ini saya ambil intisarinya aja, yang penting daging itu diungkep dan dimasak sampai kering dan menghitam 😀 .

Saya siapin panci yang biasa saya buat ungkep, pertama saya masukin dulu bumbu halus dan bumbu lainnya.
masukkan bumbu rendang padang - MasakJourney.com

Setelah itu saya masukin daging yang udah dipotong-potong
masukkan daging - MasakJourney.com

Aduk-aduk sampai rata, lalu masak dengan api kecil. Setelah 2 jam bumbu daging akan mulai matang dan bumbu mulai meresap, fase pertama disini disebut gulai, karena kuah santan masih encer dan banyak.
rendang masih gulai - MasakJourney.com

Setelah 3 – 3 1/2 jam, kuah santan sudah mulai meresap, tapi belum kering, ini disebut kalio.
rendang masih kalio - MasakJourney.com

Jangan lupa sesekali diliat rendangnya, aduk bagian bawah biar nggak gosong, apalagi kalau sudah masuk tahap jadi kalio, itu harus sering-sering diaduk.
rendang matang - MasakJourney.com

Kurang lebih 5 jam, dengan kondisi daging disini, dan bumbu-bumbu diatas, akhirnya rendang saya matang. Seperti yang saya inginkan, kering dan agak hitam, biar lebih awet untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama.

rendang padang - MasakJourney.com

Gimana? Gampang banget kan bikinnya? 😀 Cuma halusin bumbu, trus masukin semua ke dalam panci, masak dengan api kecil. Dengan cara gini yang dibutuhkan cuma kesabaran aja kok, sama rajin-rajin buat ngecek sambil ngaduk biar nggak hangus. Karena udah pakai santan, nanti lama kelamaan minyaknya bakalan keluar sendiri. Soal rasa, udah diuji coba sama banyak WNI disini, nggak ada yang komplen (ya iyalah, udah gratis masih aja komplen, keplak sini :)) ).

Btw karena di freezer ada sisa dikit daging kambing yang bagian banyak lemaknya, terus juga ada beberapa bahan lain yang memungkinkan buat saya bikin (ya boleh dibilang) nasi padang, akhirnya saya coba buat satu set.

nasi padang - MasakJourney.com

Nasi, rendang padang, telur dadar padang, gulai cincang padang, sambal hijau. Sebenernya kurang sayur-sayurannya sih, gulai nangka sama daun singkong, disini nggak ada soalnya. Satu lagi kesukaan saya, gulai tunjang, kebetulan lagi nggak nyetok, biasanya sih bikin. Lumayan deh bisa bikin gituan, kemarin kirim-kirim ke KBRI buat makan siang temen-temen.

Okeh, kira-kira begitu deh cara mudahnya bikin rendang padang, yang penting kita kudu tetep sehat dan semangat, Salam MJ!

Log in Facebook to comment