Resep Pempek Adaan Palembang Empuk dan Gurih

Posted on Aug 20 2015 - 2:07am by 2298

Ngomongin soal makanan olahan dari ikan, di Indonesia ini emang ga ada abisnya deh, maklum lah negara kita ini kan hasil lautnya melimpah banget, harusnya kita orang ini hidupnya bisa luar biasa sangat sejahtera banget cuma dari hasil laut aja (kalo nggak ada yang serakah & ngerjain bangsa sendiri). Dari sabang sampe merauke bro, isinya negara kita ini kalo dibikin perbandingan besaran antara daratan dan lautan itu 1 banding 3, gimana nggak sampe tumpeh-tumpeh tuh hasil ikannya :)) . Nah kali ini saya mau kasih tulis resep makanan olahan ikan yang berasal dari salah satu propinsi yang ada di Sumatra, namanya pempek adaan palembang yang rasanya itu empuk dan gurih banget.

Jaman dulu (waktu saya masih kecil), yang saya tau pempek itu cuma dua, kalo nggak lenjeran ya kapal selam. Kebetulan dulu saya cuma suka lenjeran soalnya kalo kapal selam kan ada isinya telor, nah saya itu gak suka sama telor rebus (kalo sekarang suka tapi putihnya doang). Lanjut, ceritanya waktu itu ada tetangga dateng dari Palembang trus bawain oleh-oleh satu set (kek alat solat aje), satu pak, ya pokoknya satu bungkus gitu deh, isinya pempek campur-campur, ada yang panjang, lonjong, bulet, ada yang kayak putu mayang, ada juga yang gepeng. Dari berbagai macam bentuk itu, semuanya saya cobain, nah ada satu yang paling bikin saya ketagihan karena empuk dan gurih banget, bentuknya yang bulat, saya coba cari tau ternyata namanya Adaan. Lucu juga sih namanya, adaan, ga adaan (halah :)) ).

Kita semua pasti udah taulah namanya pempek itu lekat dengan karakter kenyalnya, tapi untuk yang satu ini agak dipengecualiankan (bingung gak tuh :p ), soalnya gak kenyal seperti yang lainnya, ini empuk trus lebih kaya rasa. Maksudnya gini, kalo pempek itu kan kalo dimakan tanpa cuko rasanya kira-kira seperti cireng ikan, nah kalo adaan ini empuk dan lebih gurih, seperti bahan tambahan yang dipakai lebih banyak. Buat penikmat pempek yang pengen coba bikin jenis ini, nyok saya bagi resep dan cara buatnya, hehe… 😀

Bahan dasar

  • Ikan ½ Kilogram
  • Tepung sagu 150 gram (bisa diganti tapioka)
  • Telur 2 butir, diambil kuningnya aja
  • Air 150 – 250 ml

Bumbu

  • Garam 3 – 4 sendok teh
  • Gula 1 ¼ sendok makan

Tambahan

  • Bawang bombay ½ buah, cincang

Cara membuat
Seperti biasa, pertama-tama siapkan dulu bahan-bahannya, kalo saya sih disusun dulu trus abis itu difoto buat dokumentasi :p .

Bahan-bahan pempek adaan - MasakJourney.com

Itu ikannya jangan lupa dihaluskan ya, setelah itu tambahkan garam dan gula, lalu aduk perlahan dengan menggunakan sendok, istilahnya pemanasan tangan dulu.

Campur ikan dengan bumbu - MasakJourney.com

Kalo udah gitu masukkan air, disini mulai deh kita pake tangan telanjang, sendoknya boleh cuci bersih trus taro di rak :p .

Tuang air ke ikan - MasakJourney.com

Masukkan air sedikit demi sedikit sambil terus dibejek-bejek pake tangan, prosesnya ini nggak sebentar loh, nggak cuma 20 detik atau 30 detik, tapi kurang lebih 5 menit, kenapa? Dimaksudkan agar air tercampur sempurna dengan ikan, jadi nggak ada tuh yang namanya gerijilan nantinya, selain itu juga agar garam dan gula larut dengan adonan ikannya. Kalau kira-kira sudah 5 menit, giliran masukkan kuning telur 2 butir.

Masukkan kuning telur - MasakJourney.com

Bisa dilihat di atas, di bagian bawah samping kuning telur, ikannya sudah tercampur rata dengan air tadi kan. Sekarang lanjut bejek lagi itu kuning telur biar rata sama adonannya, kalo perkiraan lamanya yah paling 3 menit deh, tergantung kekuatan dan kecepatan bejeknya juga sih 😀 . Jika dirasa udah rata, baru deh masukin tepungnya, disini masukin jangan langsung semua ya, paling ⅓ atau ½ aja dulu.

Masukkan tepung ke adonan adaan - MasakJourney.com

Disinilah pertarungan sebenarnya dimulai, itu tepung dibejek sama adonannya sampe rata dan halus. Yang saya maksudkan disini halus itu adonannya benar-benar halus, sebagai perbandingan saya kasih contoh gambar di bawah ini. Yang pertama ini baru dibejek sebentar cuma sampe tercampur aja tepungnya.

Adonan adaan belum halus - MasakJourney.com

Bisa dilihat diatas itu adonannya masih kasar, karena baru sebentar saya memprosesnya, coba bandingkan dengan gambar adonan di bawah.

Adonan adaan lebih halus - MasakJourney.com

Itu adonannya terlihat lebih halus dari yang sebelumnya kan, karena saya terus bejek sampe tangan lumayan gempor :)) . Masih terlihat agak kasar karena memang tepung sagunya baru saya masukkan setengahnya, selanjutnya saya masukkan lagi sisanya, dan terus saya lanjutkan proses pertarungan (sempet saya ganti ke tangan kiri sebentar buat bejek-bejeknya gara-gara udah pegel banget yang kanan). Setelah dimasukkan semua tepungnya dan terus dengan sabar diuleni, bisa dilihat hasil dari perjuangan susah payah, akhirnya adonan jadi benar-benar halus.

Adonan adaan sempurna - MasakJourney.com

Perhatikan adonan di dekat tangan saya, sempurna! Terakhir sebelum dibentuk, masukkan bawang bombay, lalu uleni sebentar biar tercampur rata.

Masukkan bawang bombay - MasakJourney.com

Setelah tercampur rata, tinggal dibentuk bulat seperti gambar saya sebelumnya di atas sana, caranya sama seperti membentuk bulatan bakso, hanya saja ini lebih besar ukurannya. Jangan lupa siapkan penggorengan yang telah diisi minyak goreng full.

Adaan siap digoreng - MasakJourney.com

Loh itu kok jadi nggak halus lagi sih? Katanya tadi adonan harus sampe halus? Itu gara-gara bawang bombaynya saya ngiris kegedean, soalnya piso yang saya punya tinggal satu dan tumpul, lupa beli :)) . Jadi tipsnya itu usahakan bawang bombay dicincang halus, jadi adonannya cakep! Kalo minyak dipenggorengan udah panas, langsung aja cemplungin deh.

Goreng adaan - MasakJourney.com

Inget kalo mau goreng pempek usahakan minyaknya banyak, jadi nanti pas digoreng bisa ngapung tuh, nggak mandek di bawah yang bikin mateng nggak rata plus gosong sebelah. Untuk apinya sedang aja, goreng sampe warnanya agak kecoklatan, tapi jangan terlalu coklat kayak pisang goreng.

Pempek adaan setengah matang - MasakJourney.com

Itu saya goreng setengah matang, soalnya kan gak langsung dimakan semua, saya mau taro di kulkas dulu. Loh, tapi kok hasilnya gorengannya nggak halus? Kan tadi udah saya bilang, gara-gara saya nyincang bawang bombaynya kegedean, pisonya tumpul woi >:P . Nih kalo mau liat lembutnya pempek adaan yang sebenarnya, foto bagian dalam pas udah mateng dan siap disantap!

Pempek adaan palembang empuk gurih - MasakJourney.com

Cakep kan? 😀 Udah siap ebi halus dan cukonya tuh di latar belakang :p

Jadi perbedaan mendasar jenis pempek adaan dengan yang lainnya adalah empuk dan gurihnya. Rasa khas yang pertama kali dirasakan saat mengunyah itu bukan sensasi cuko, tapi aroma bawangnya (yang sangat bisa disubstitusi dengan bawang merah goreng). Kalau ingin memakai bawang merah goreng, usahakan dicincang agak halus dan digorengnya setengah matang saja agar tidak ada bagian luar yang hangus saat pempek digoreng. Lalu kalau diperhatikan lagi, diatas saya menulis resepnya itu pake telur kuningnya aja, disinilah inti agar kita dapat empuk nan gurih secara alami dan asli (tanpa bahan kimia, penyedap, whatever).

Kira-kira seperti itu resep dan cara membuat pempek adaan palembang yang empuk dan gurih. Untuk resep cukonya nanti saya buatin short post recipe yang terpisah aja, soalnya disini udah kepanjangan udah saya post di resep pempek lenjer palembang. Tetep semangat untuk masak makanan sehat. Salam MJ!

Log in Facebook to comment