Resep Otak-Otak Ikan Goreng Kenyal Gurih Enak

Posted on Aug 5 2015 - 3:21am by 2298

Makanan olahan dari ikan buat saya itu emang luar biasa rasanya, selalu bikin kangen dan kalo dimakan itu nggak bisa sedikit, dan mungkin orang-orang dekat saya udah pada tau kalo saya itu makan (kalau pun pake) nasi itu paling dikit banget, tapi kalo udah makan yang namanya lauk, waduh bisa banyak banget. Namanya otak-otak mungkin ini bisa dibilang bukan lauk ya (bisa aja sih dijadiin, enak juga kok), tapi lebih ke makanan buat iseng-iseng sambil nemenin minum teh atau nonton film. Tapi itu beda buat saya, kalo makanan ini bukan cuma buat iseng, tapi juga buat kenyang, soalnya ya gimana lagi, rasanya wueenaakkkk.

Pertama kali makan otak-otak goreng ini pas dulu masih kecil deh, jadi ibu saya kalo ke pasar kadang suka beli yang udah dibungkus gitu. Sampe di rumah minta gorengin, trus makannya dicocol pake saos tomat (soalnya jaman dulu belum suka sama sambel, at all). Nah ngomongin soal otak-otak goreng ini, yang saya inget betul warnanya itu putih pekat, dalam artian bener-bener putih kayak cat tembok gitu, solid deh warnanya. Kalo digoreng jadinya warnanya tetep putih, ukurannya juga panjang-panjang. Makin kesini-sini saya juga kurang tau gimana jadinya selain dijual ukurannya lebih kecil, warnanya nggak putih pekat seperti dulu, jadi warnanya putih agak abu-abu seperti pempek gitu loh. Yang kayak gini kalo digoreng warnanya pasti jadi coklat, bagian luarnya nggak halus lagi tapi agak kasar-kasar gitu. Rasa dari kedua jenis otak-otak ini rada beda, kalo yang jaman dulu itu agak keras dan nggak terlalu kenyal, sedangkan yang sekarang lebih empuk dan kenyal. Tapi kalo soal rasa tetep enak lah, wong pasti pake penyedap rasa kan kalo buat dijual ;)) .

Kali ini saya mau nulis resep yang otak-otak ikan goreng yang kenyal, gurih, dan enak. Untuk bahan-bahan kalo di Indonesia mah berlimpah, dan pastinya cara bikinnya mudah, nggak pake ribet. Berikut saya tulis bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan dasar

  • Fillet ikan 500 gram
  • Tepung sagu 150 gram
  • Update: Tepung sagu 200 gram
  • Telur 2 butir ambil putihnya
  • Santan kental 4 sendok makan

Bumbu

  • Bawang merah / shallot 6 buah
  • Bawang putih / garlic 6 buah
  • Garam 3 sendok teh
  • Gula 2 ½ sendok makan

Tambahan

  • Daun bawang

Cara membuat

Update dulu, diatas saya tulis untuk sagunya ada 2 yaitu 150 gram dan 200 gram. Disini bebas untuk pilih yang mana, kalo suka sensasi lebih kenyal dan alot bs pake 200 gram (seperti yang dijual di pasar), tapi kalo suka yang lebih empuk bisa pake resep awal yaitu sagunya 150 gram aja (rada mirip otak-otak bakar). 😀

Bahan otak-otak goreng - MasakJourney.com

Pertama-tama fillet ikan dihaluskan dulu, bisa menggunakan blender (tapi nggak disarankan karena kudu pake air), food processor, atau minta gilingin sama abang-abang di pasar. Abis itu campurkan dengan bumbu-bumbu diatas, tapi jangan lupa buat kedua macem bawangnya itu dihaluskan dulu.

Campur ikan dengan bumbu - MasakJourney.com

Setelah itu giliran masukkan santan kentalnya, disini saya pake yang instan aja, soalnya kalo cuma buat ambil 4 sendok makan trus meres sendiri mah cape-capein doang. Kecuali emang pas lagi mau bikin makanan lain yang pake santan juga, jadi bisa comot-comot dikit deh. Oh ya, aduk rata santan dan ikan yang udah dibumbui tadi.

Campur ikan dengan santan - MasakJourney.com

Kalo udah, masukkin telur 2 butir tapi putihnya aja, disini fungsinya telur sebagai pengembang alami untuk otak-otak dan juga sebagai penyeimbang dari sagu biar kenyalnya pas.

Masukkan putih telur - MasakJourney.com

Bagian-bagian yang alus udah pada masuk, sekarang giliran yang rada hardcore, masukin sagunya, trus selanjutnya biar tangan yang berbicara (masutnya bejek-bejek pake tangan sampe kecampur rata adonannya :)) ).

Masukkan sagu lalu aduk - MasakJourney.com

Tangan saya seksi ya, banyak rambutnya, trus basah-basah gitu kayak abis nyuci di kali ;;) . Nah kalo udah gitu yang terakhir dimasukkin tinggal daun bawangnya, biar nambah sedep nih otak-otak goreng rasanya, lagian kalo beli yang udah jadi kan emang ada daun bawang yang udah kecampur di dalemnya.

Daun bawang dimasukkan - MasakJourney.com

Kalo udah semua, kira-kira adonannya seperti di bawah ini, warnanya udah padu dengan daun bawang, jadi agak manis gitu ada ijo-ijonya.

Otak-otak siap dibentuk - MasakJourney.com

Oke deh sekarang saatnya kita bentuk adonannya menjadi bentuk otak-otak. Pertama-tama olesi kedua tangan dengan minyak goreng, lalu ambil adonan sedikit, kira-kira satu setengah sendok makan (atau lebih banyak lagi juga bisa sih kalo mau lebih gede ukurannya, tapi nanti proses memilinnya rada ribet di tangan), kalo udah gitu tinggal dipilin aja pake tangan sampe dapet bentuk otak-otak. Mohon maaf sodara-sodara, disini saya nggak bisa kasih gambar pas lagi proses saya ngebentuknya, soalnya saya self-service antara proses bikin dan ambil foto, kan ribet kalo ngejepret soalnya kedua tangan berlumuran minyak :p . Kalo udah semua dibentuk, dijejerin rapih, langsung aja deh kukus gak usah pake lama-lama, 15 menit cukup.

Otak-otak siap dikukus - MasakJourney.com

Kalo udah selesai dikukus, udah mateng, nih hasilnya udah dijejerin di atas piring kayak pasukan kapal selem lagi mau ikut perang 😀 .

Otak-otak matang - MasakJourney.com

Selesai sudah? Hmm… Bisa iya, bisa nggak. Kalo mau langsung dimakan bisa-bisa aja kok, buat tambahan campuran siomay, pakein bumbu kacang, cakep deh. Tapi ini kan judulnya otak-otak goreng, ya jadi kudu digoreng dulu biar lebih mantep lagi! Tunggu dingin dulu otak-otaknya, abis itu jeburin deh ke penggorengan yang udah ada minyak panasnya, tapi inget jangan sampe kelamaan (gosong) gorengnya, sampe kuning emas 24 karat aja, kalo emas 22 karat masih terlalu muda warnanya.

Otak-otak ikan goreng kenyal gurih enak - MasakJourney.com

Jadi lebih milih langsung dimakan setelah dikukus atau digoreng lagi? ;)) Pasti lebih mangstap kan kalo udah digoreng, cocok banget buat temen nonton film, nonton bola bareng (sendirian juga oke – daripada ngemil cuma kacang kulit), minum teh manis sore-sore, atau juga buat hidangan sepesial makan berdua sama pacar (halah) :)) .

Tetep semangat biar bisa terus bikin makanan kesukaan dengan rasa yang enak. Salam MJ!

Log in Facebook to comment