Resep Arem-Arem Beras dan Arem-Arem Mie isi Ayam

Posted on Aug 29 2016 - 3:15pm by 2298

Anak udah makin besar, dikasih makan bubur atau tim udah nggak mau lagi, dikasih makan rendang atau soto ayam ngunyahnya belom kuat :)) . Minggu lalu sempet bingung mau kasih makan apa buat anak, bener-bener nggak ada ide. Soalnya kan baru kena diare, masih takut buat kasih susu atau krim buat naikin berat badan. Kalo makanannya cuma sayur ya nggak naik-naik berat badannya.

Biasanya saya kalo lagi pusing mikirin sesuatu, atau lagi suntuk, biasanya bikin sesuatu di dapur. Ngecek bahan-bahan yang ada di kulkas sama rak makanan ngeliat masih ada santan, beras, sama daging. Yaudah coba bikin arem-arem deh, niatnya sih bukan buat anak, tapi buat makan sendiri. Keluarin deh food processor buat cincang daging, terus kupas bawang putih, iris kecil-kecil. Tumis daging pake bawang putih, lada, garam, gula. Abis itu giliran berasnya saya cuci bersih, lanjut rebus bareng santan dan garam, aduk-aduk terus sampai kering, bentuk lontong, isi daging, kukus.

Besok harinya coba bawain buat bekel istri di kantor, dan ternyata doi bilang enak arem-aremnya 😀 . Besok harinya saya coba deh kasih arem-arem buat makan anak, dan ternyata lahap juga makannya, saya jadi seneng, tambah deh menu makanan favorit yang bisa dimakan bareng sama anak. Cuma ya itu, bagian dagingnya nggak saya kasih, soalnya buat anak kecil belum boleh makan daging cincang. Makanya yang kedua kalinya ini saya bikin arem-arem pake daging ayam plus beberapa sayuran biar gizinya lumayan lengkap deh.

Nah buat bahan-bahannya ini saya pake yang ada disini ya, mungkin kalo buat di tempat lain bisa disesuaikan nanti. Ukurannya juga saya nggak terlalu naker bener-bener, jadi pake cup aja.

Bahan-bahan Arem-Arem Beras isi Ayam

  • Beras jepang 3/4 cup
  • Beras largo fino (long thin) 3/4 cup
  • Santan 3/4 cup
  • Air 5 x 3/4 cup
  • Daun salam
  • Dada ayam potong kotak-kotak atau cincang
  • Wortel potong kotak-kotak
  • Brokoli potong-potong atau cincang halus
  • Bawang putih / Bawang bombay / Daun Bawang
  • Garam
  • Gula
  • Lada

Untuk selanjutnya di masakjourney kayaknya gambar-gambar prosesnya nggak saya post, soalnya emang rada ribet sih sambil bikin sambil foto. Jadi saya bikin video aja, biar lebih enak liat prosesnya 😀

Cara membuat Arem-Arem Beras isi Ayam
Pertama-tama kita bikin dulu isiannya. Tumis bawang-bawangan yang tertera di atas sampai harum, kalo udah langsung masukin ayam, tumis sampai warnanya jadi putih. Nggak lama setelah itu masukin wortel, tumis sampe kira-kira wortelnya jadi empuk. Terakhir masukin brokolinya serta bumbu-bumbunya. Nah untuk si brokoli ini nggak usah terlalu lama numisnya, jadi pas terakhir-terakhir aja, karena matengnya cepet. Setelah selesai bikin isiannya bisa disisihkan dulu sebentar.

Lanjut cuci bersih beras, lalu masukkan ke dalam panci. Tambahkan santan, air, garam, dan juga daun salam. Masak dengan api sedang dan terus aduk sampai kering. Untuk berasnya ini saya pake campur, karena kalo beras jepang aja ini terlalu pulen, jadinya kayak sushi, sedangkan si largo fino nanti malah jadinya terlalu perak, nggak enak rasanya.

Tips: Disini saya kebetulan nggak ada daun pisang, jadinya pake alumunium foil, makanya saya masak berasnya tadi sampai benar-benar kering. Tapi kalo emang ada daun pisang, nggak perlu sampe kering masak berasnya, karena uapnya gampang nembus pas lagi ngukus, jadinya nggak perlu terlalu lama buat ngeringin arem-aremnya.

Setelah berasnya masak dan sudah didinginkan, langsung aja ambil alumunium foil yang udah dipotong, ambil beras masaknya, isi dengan ayam, timpa lagi dengan beras masak, gulung, kukus selama kurang lebih 20 menit. Kalo udah mateng nanti tinggal didinginkan aja sebelum disantap.

Oke, isian arem-arem masih sisa banyak, dan tetiba keinget kalo dulu waktu di rumah sering beli arem-arem mie buatan tetangga yang rasanya enak juga. Itu si arem-arem mie pas digigit ada dagingnya, kenyal-kenyal gitu deh, jadi nambah enak rasanya. Yaudah kali ini kita bikin arem-arem mie juga, tapi pakein daging ayam.

Cara bikinnya ini super gampang, kayak bikin martabak mie instan aja tapi bedanya ini dikukus. Saya sendiri bikin (walaupun punya stok mie instan) pake mie yang biasa saya buat mie ayam, bumbunya sendiri aja pake garem, gula, lada, biar lebih sehat deh 😀 . Oke langsung aja ya.

Bahan-bahan Arem-Arem Mie isi Ayam

  • Mie instan / mie telur / mie ayam / mie apa aja deh
  • Telur
  • Garam, gula, lada
  • Biar lebih harum bisa tambah minyak wijen sedikit
  • Kalo mau lebih gurih tambahin saus tiram

Cara membuat Arem-Arem Mie isi Ayam
Harusnya mah udah nggak usah dijelasin lagi ini :)) . Tinggal rebus mie, campur dengan isian yang tadi udah dibikin, campur juga sama telur, dan terakhir bumbu, aduk-aduk deh. Kalau udah tinggal dimasukin dan dibentuk aja pake daun pisang atau alumunium foil. Kukus selama 20 menit, dan jadi deh arem-arem mie isi ayam.

Tips: Untuk ukuran perbandingan mie plus isian dan telur itu sebenernya bebas aja. Kalo saya biasanya ukuran 2 bungkus mie instan itu pakenya satu butir telur udah cukup buat ngiket mienya.

Arem-arem beras sama arem-arem mie udah mateng nih. Kalo arem-arem beras ini cocoknya pake bumbu kacang, sedangkan yang mie pake saos botolan. Oh iya, kalo mau ada ranjau dikit bisa dipakein cabe rawit di dalem isiannya, rasanya jadi lebih mantep dan bikin kaget-kaget dikit deh tuh muka pas ngunyah :)) . Sayang aja disini nggak ada cabe rawit.

Buat lebih jelasnya langsung liat videonya aja ya. Tapi harap maklum ini videonya nggak komplit, cuma dari pas pertengahan prosesnya, soalnya yang awal-awal videonya rusak. Maklum baru pertama kali shooting masak dengan cara live, jadi rada grogi :)) . Kalo selanjutnya nanti videonya mudah-mudahan bisa full nggak pake kepotong-kepotong 😀 . Salam MJ!

Log in Facebook to comment