Bikin Arem-Arem / Lontong Isi untuk Buka Puasa

Posted on May 11 2020 - 9:17pm by 2298

Hai2,

Mimin MJ mau ngepost lagi nih, makanan yang lumayan bikin kangen buat dijadiin menu buka puasa, namanya arem-arem atau biasa disebut lontong isi.

Yah, tibang lontong isi, masa sampe segitunya kangen sih, kan tinggal beli aja.

Betul banget, biasanya kalau menjelang sore waktu berbuka puasa di bulan Ramadhan, sekitar jam 15.30 atau setelah Ashar, pasti banyak banget yang jualan makanan di pinggir jalan. Hal ini udah kayak tradisi yah, jadi jam segitu di beberapa titik dalam satu daerah biasanya bakalan agak macet, soalnya banyak orang yang kumpul buat beli makanan berbuka puasa. Nah, si arem-arem ini, salah satu makanan yang hampir di semua lapak pasti ada, dan laris banget, terutama yang isinya oncom. Kalau datang udah sekitar jam 1/2 5 sore aja, kalau di daerah saya pasti udah banyak lapak yang abis itu jualan lontong oncomnya.

Ngomong-ngomong soal oncom, kalau hari-hari biasanya itu di pasar tradisional deket rumah gampang banget dapetnya, tapi saat bulan puasa gini bakalan susah dapetnya, karena ya itu tadi, berebut sama yang jualan lontong isi oncom. Kalau emang niat banget mau beli oncom, harus dateng pagi-pagi sekali, sekitar jam 5an, kalau 1/2 6 biasanya udah pada abis diborong.

Oh iya, balik lagi soal arem-arem atau lontong isi yang bikin kangen ini, kalau biasanya di bulan puasa sebelumnya itu tinggal beli aja, sekarang ini saya belum pernah beli makanan matang untuk menu berbuka puasa. Apalagi kalau bukan karena kondisi lagi pandemi gini, walaupun saat ini sudah banyak yang berjualan dengan cara yang lebih higienis, tapi masih tetep belum PeDe buat jajan makanan mateng. Ditambah lagi sekarang sedang menjalani program pengiritan, karena udah 2 bulan nggak ada job motret, jadinya makan di rumah aja, hehe…

Lalu gimana caranya bisa bikin arem-arem? Kan oncom juga susah dicarinya di pasar tradisional? Udah gitu pasti menghindari keramaian di pasar kan?

Yak, betul sekali. Makanya beberapa waktu belakangan kalau belanja seringnya ke supermarket aja, tapi cari yang diskonan, lalu kalau buat sayur mayur gitu ya order online biasanya. Nah, beberapa waktu lalu pas lagi ke supermarket, nggak sengaja liat ada jual daun pisang di lemari pendingin bagian sayur-sayuran. Pucuk dicinta daun pisang pun tiba, langsung sikat lah. Biarpun nggak ada oncom, bikin aja isian dari bahan-bahan yang ada di rumah. Kebetulan ada wortel dan kentang, sama sisa daging sapi sedikit untuk di cincang.

Jadi untuk buat arem-arem ini isiannya bebas aja sebenernya, mau diisi wortel kentang boleh, mau diisi daging boleh, mau diisi oncom boleh, bumbu-bumbu yang dipakai juga bebas aja kok, yang penting itu kan takaran nasi aron buat bagian luarnya. Oke deh kalo gitu langsung aja yah.

Bahan-bahan

  • Beras 3 cup
  • Santan 1.5 liter dari 1 kelapa
  • Daun salam
  • Serai
  • Garam
  • Isiannya bisa disesuaikan

Okeh, pertama-tama siapkan panci untuk bikin nasi aron. Masukkan beras, santan, daun salam, serai, dan garam, lalu masak dengan api kecil-sedang sampai jadi nasi aron. Kalau sudah selesai didinginkan dulu sebelum dibentuk arem-arem.

Untuk kulit pisang dibersihkan terlebih dahulu dengan di lap, lalu untuk membuat kulit pisang jadi lemes, biar tidak patah-patah ketika dibentuk arem-arem, itu bisa dijemur terlebih dahulu atau dikukus / dibakar sebentar.

Setelah semua siap, tinggal dibentuk aja arem-aremnya, ukurannya juga bisa disesuaikan dengan keinginan. Setelah selesai dibentuk, kukus antara 15 – 20 menit dengan api sedang saja. Kalau sudah matang bisa dinikmati langsung atau kasih temen biar seru, misal bakwan atau tahu isi. Jangan lupa cabe rawit, sambal botol, atau bumbu kacang biar lebih mantep arem-aremnya.

Buat yang mau cek cara buatnya bisa langsung tonton videonya disini yah:

Salam MJ!

Log in Facebook to comment