Resep Bento Yang Mudah Dibuat

Posted on Dec 8 2015 - 7:51pm by 2298

Halo semuanya para pembaca! 😀 Udah lama saya nggak update resep di MasakJourney.com, kangen rasanya nulis disini dan juga bikin sesuatu yang baru. Belakangan ini si unyil udah bener-bener nggak bisa ditinggal deh, sedetik aja saya meleng udah langsung ngacir pengen terbang dari tempat tidur (bahkan udah siap berdiri dari tempat tidurnya yang pake dinding kayu itu b-( ). Buat makan saya sama istri aja sekarang jadinya udah jarang masak sendiri, paling saya bisa ngerjain ini itu sedikit kalo anak lagi pas tidur, itu juga pake deg-degan dan mindik-mindik biar dia nggak kebangun. Kalo udah terlanjur kebangun yowes lanjut lagi maen seharian =)) .

Akhir minggu kemarin kebetulan di Argentina lagi libur panjang, hari senin dan selasa di minggu ini libur, empat hari deh kalo dihitung dari hari sabtu kemarin. Kesempetan banget buat kami beberes rumah yang masih ada berantakan sepulang dari Rio beberapa minggu lalu, trus juga bikin stok makanan si unyil, sama ini bikin bento buat makan siang hari minggu kemarin 😀 .

Jadi ceritanya waktu hari sabtu malem itu lagi kepikiran kok tiba-tiba pengen makan H*kb*en, itu loh goreng-gorengan pake mayones sama nasi jepang panas-panas kan nikmat rasanya. Kebetulan di rumah udah punya mayones sama saus tempura buat nyocol, yaudah besoknya minggu pagi capcus ke supermarket buat belanja bahan-bahannya deh. Nah yang saya buat kali ini bentonya sederhana aja kok, nggak pake ribet-ribet, bahan-bahannya yang udah ada di rumah dan kalopun beli lagi yang gampang di dapet aja.

Bento yang saya mau buat itu isinya yang gampang aja, yang penting ada nasi jepang (udah punya, emang saya belinya disini beras jepang buat makan sehari-hari), tempura, roll, sama teriyaki. Keempat inti makanan itu kalo udah masuk dimulut kan pas banget, ada asin, gurih, getir, dan manis. Untuk tempuranya saya pilih pake salmon aja, tadinya sih pengen pake udang, cuma keinget 2 hari sebelumnya abis makan cumi 1/4 kilo, kalo makan udang lagi takutnya nggak kuku deh :)) . Untuk rollnya saya bikin chicken egg roll, sekalian teriyakinya pake ayam juga, biar beli bahannya nggak yang bermacem-macem (beli satu bahan dapet 2 makanan 😀 ). Kalo begitu langsung aja deh kita mulai bikinnya.

Bahan-bahan Black Pepper Chicken Teriyaki

  • Filet ayam 300 gram
  • Saus teriyaki botolan 2 sdm
  • Lada hitam secukupnya
  • Kecap 2 sdm
  • Bawang bombay 1/2 buah
  • Air sedikit

Bahan-bahan kulit Chicken Egg Roll

  • Telur 4 butir
  • Terigu 80 gram
  • Tepung tapioka (jagung) 2 sdm
  • Mentega 1 sdm (dilelehkan)
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Air 150 – 170 ml

Bahan-bahan isian Chicken Egg Roll

  • Daging ayam 300 gram
  • Saus tiram 1 sdm
  • Garam 1 sdt
  • Gula 1 sdt
  • Putih telur dari 1 butir telur
  • Lada 1/2 sdt
  • Tepung tapioka (jagung) 1 sdm

Bahan-bahan Salmon Tempura

  • Filet salmon 250 gram
  • Minyak zaitun 2 sdm
  • Garam 1 sdm

Bahan-bahan batter Salmon Tempura

  • Telur 1 butir
  • Tepung tapioka 3/4 cup
  • Tepung terigu 1/4 cup
  • Air 1/4 cup
  • Garam 1/2 sdt
  • Lada 1/4 sdt
  • Baking soda 1/2 sdt

Cara membuat
Pertama untuk Chicken teriyakinya, siapkan dulu filet dada ayamnya yang udah dicuci bersih.
filet dada ayam - Masakjourney.com

Iris kecil-kecil sesuai selera, setelah itu campurkan dengan saus teriyaki dan lada hitam, biarkan agar bumbu meresap kira-kira 30 menit.
ayam dibumbui - Masakjourney.com

Sambil menunggu bisa diiris bawang bombay-nya, kalau sudah 30 menit, panaskan minyak diatas penggorengan, tumis bawang bombay.
tumis bawang bombay - Masakjourney.com

Setelah agak harum, masukkan ayam yang telah dibumbui tadi, tumis bersamaan dengan bawang bombay.
masukkan ayam bumbu - Masakjourney.com

Setelah itu tambahkan air sedikit dan juga kecap manis, masak hingga airnya mengering (meresap) dan ayam matang.
tambahkan air dan kecap - Masakjourney.com

Kalau sudah matang disisihkan aja dulu teriyakinya, kita lanjut bikin Chicken Egg Roll. Filet ayam tadi dicincang atau bisa juga dihaluskan dengan food processor, lalu dicampur dengan semua bahan isiannya, aduk rata, lalu sisihkan.
campur ayam giling dan bumbu - Masakjourney.com

Siapkan satu wadah untuk buat kulitnya, pecahkan 4 butir telur lalu aduk.
4 butir telur - Masakjourney.com

Tambahkan lada dan garam, lalu aduk lagi sampai tercampur rata.
masukkan garam lada - Masakjourney.com

Campurkan terigu, tapioka, mentega yang sudah dilelehkan, dan yang terakhir airnya. Aduk kembali sampai adonan kulit rata.
adonan kulit - Masakjourney.com

Panaskan teflon untuk membuat kulitnya, ambil adonan menggunakan sendok besar lalu tuang ke atas teflon, ratakan agar membentuk kulit yang tipis.
kulit roll - Masakjourney.com

Setelah selesai membuat semua adonan kulitnya, tinggal kita isi dengan bahan isian tadi, lalu dibentuk menjadi roll.
roll siap dikukus - Masakjourney.com

Saran untuk membuat Chicken Egg Roll ini adalah buat kulit dengan agak tipis, karena kalau tebal nanti isiannya malah kurang terasa pas digigit. Lalu untuk mengisinya juga jangan terlalu banyak seperti saya, sedikit aja biar nggak terlalu tebal. Kalo saya itu emang kemarin bikinnya buru-buru (agak dikebut) soalnya udah laper pengen makan siang :)) . Kukus roll tadi kurang lebih antara 20 – 30 menit.
kukus roll - Masakjourney.com

Setelah matang diamkan dulu sampai agak dingin, lalu roll diiris sesuai keinginan, goreng sampai kuning keemasan.
roll iris - Masakjourney.com

Lanjut kita bikin makanan yang ketiga, Salmon Tempura. Pertama-tama filet ikannya disiapkan dulu.
filet salmon - Masakjourney.com

Ikannya dipotong-potong sesuai dengan selera aja, mau panjang, mau pendek, mau segitiga, kotak, x, bulet, r1, r2 (kek lagi maen PS :)) ). Abis itu biar berasa dimarinade dengan minyak zaitun dan garam, diamkan selama 15 menit.
salmon dibumbui - Masakjourney.com

Sambil nunggu salmon nyerep bumbunya, kita bikin adonan untuk balutan tepung tempuranya. Campur semua bahan-bahan kecuali air dan telur, aduk hingga semuanya rata.
campur tepung - Masakjourney.com

Masukkan telur, aduk lagi sebentar.
masukkan telur - Masakjourney.com

Terakhir masukkan airnya, aduk terus sampai adonannya rata.
masukkan air - Masakjourney.com

Kalo udah tinggal kita cemplungin deh salmon yang tadi kita bumbui, aduk-aduk biar nempel tepungnya.
masukkan salmon - Masakjourney.com

Siapkan minyak buat goreng itu ikan salmonnya tadi, yang banyak minyaknya biar nanti kerendem, terus sampai bener-bener panas baru ceburin salmonnya.
goreng ikan salmon - Masakjourney.com

Disini minyaknya kudu panas soalnya biar baluran tepungnya itu langsung nempel sempurna di salmonnya, karena bahan dasar dari adonannya ini adalah tepung tapioka yang gampang banget luntur. Selain itu juga karena tempura ini nggak butuh waktu lama untuk menggoreng, isiannya (salmon, udang, cumi, ataupun sayur) itu nggak perlu yang sampe mateng kering dengan api kecil. Jadi bagian luarnya kriuk-kriuk, tapi bagian dalemnya nggak kering, gurih-gurih nyoyyyy. Sisa adonannya nanti digoreng aja, bisa buat kriuk-kriuk temen makan ramen atau udon 😀 .

Nah ini lauk semuanya kan udah mateng, jangan lupa nasinya juga dimasak, soalnya kalo nggak pake nasi makanan bento ini jadi kurang lengkap bro. Tinggal ditata dengan rapi aja biar rada-rada mirip dengan paket bento dari restoran sana :)) .
Bento Komplit - Masakjourney.com

“Btw itu kok ada yang nyasar kayak sup gitu di dalem mangkok?” Itu semalem abis bikin Hot Spicy Beef Miso Soup, masih ada sisa jadi sekalian aja disajiin buat makan siang :p . Untuk sausnya tempura / roll nya bisa pake mayones yang dicampur dengan saus tomat sedikit, saus sambal, ataupun saus tempura botolan. Kalo saya sih udah siap semuanya dong, hehe… Oke deh kalo gitu, tetep semangat biar bisa masak dan makan makanan enak. Salam MJ!

Log in Facebook to comment