Resep Banana Choco Chip Muffin Yang Bikin Happy

Posted on Oct 13 2015 - 2:06am by 2298

Sebenernya ini muffin awalnya nggak ada embel-embel cokocip atau coklat, tapi cuma banana. Justru karena istri saya lagi happy, dan emang suka sama coklat, makanya ditambahin coklat biar lebih mantap saat di dalam mulut. Sama seperti resep yang udah-udah, ini makanan bikinnya super duper gampang, soalnya tinggal campur semua bahan trus aduk-aduk deh tuh sampe kecampur rata. Maklum, kami ini orangnya lebih suka yang nggak terlalu ribet tapi rasanya enak :)) . Sebelumnya emang istri saya udah niatin buat bikin ini muffin, soalnya bahan-bahan udah tersedia semua di rumah, termasuk juga pisang yang udah kematengan.

Kecuali dua alat saji pendukung yang belum ada, yaitu cetakan dan kertas muffin, semua udah lengkap. Waktu itu saya lagi jadwalnya jalan sore berdua sama anak, biasalah jadi bapak muda gini kalo sore enaknya jalan sambil bawa stroller dan pake kacamata item =)) . Kebetulan saya mau mampir ke supermarket buat beli buah, jadi ngeping istri saya dulu, abis gitu doi bales n bilang mau nitip dua barang itu buat muffin, yowes skalian aja.

Ngomongin soal banana choco chip muffin, sebenernya ada satu rahasia sangat besar yang ada di balik makanan ini. Jadi kalau anda mengenal atau pernah melihat atau bahkan mungkin sudah mencicipi yang namanya banana bread, nah si muffin yang bakal kita bikin ini ya sodaraan banget atau kembar beda bentuk sama banana bread :)) . Kenapa bisa gitu? Karena emang resep keduanya sama, bahan-bahan yang digunakan sama, rasanya juga sama, yang membedakan itu adalah bentuknya. Dari beda bentuk itu juga membuat cara memanggangnya agak sedikit berbeda, terutama dari segi waktu.

Lalu kalo dengan cupcake, apa mereka juga sodaraan? Kalo menurut saya nggak, cupcake itu bisa dibilang cake dalam bentuk cup atau mini. Kesan dari cupcake itu harus manis, manis, dan manis, sedangkan muffin ini bisa dibilang rasanya setengah manis setengah gurih. Perbedaan lainnya yaitu muffin yang teksturnya lebih padat, dan biasanya dicampur dengan buah-buahan, dimana kalo cupcake pakenya permen.

Okelah kalo begitu, mari kita langsung aja praktekin resep bikin muffin banana chocho chip nya.

Bahan dasar

  • Terigu serba guna / protein sedang 280 gram
  • Gula halus 160 gram
  • Pisang matang 3 buah (bukan 3 sisir atau 3 pohon)
  • Krim kental 3 sendok makan
  • Telur 2 butir
  • Mentega 100 gram (dilumerkan)
  • Baking soda 1 sendok teh
  • Vanila bubuk / cair 1 sendok teh

Bahan tambahan

  • Choco chip
  • Kacang almond

Cara membuat
Coba kita rapihin dulu bahan-bahannya, trus diliat apa ada yang kurang, kalo kira-kira udah lengkap, kita foto dulu :p
Bahan-bahan muffin - MasakJourney.com

Persiapan pertama pisangnya dikupas dulu, untuk resep ini baiknya pilih pisang yang benar-benar matang, makin tua makin baik karena rasa pisangnya bakal enak banget.
Pisang matang - MasakJourney.com

Kalo udah gitu pisangnya dihancurkan deh, kalo saya biasanya pake garpu, tapi kalo istri saya libih ekstrim, pake ulekan :)) .
Pisang dihancurkan - MasakJourney.com

Oke bro, sekarang giliran menteganya kita lelehkan. Sebenernya kalo mau pake margarin bisa aja, sama-sama lemak cuma beda sumber, tapi ya jelas lebih gurih mentega.
Lelehkan mentega - MasakJourney.com

Setelah semuanya siap, kita campur dan ayak di dalam wadah bahan-bahan berikut: terigu, gula halus, dan baking soda. Setelah diayak dan tercampur rata, masukkan vanila dan pisang yang udah diancurin sebelumnya, lalu aduk. Oh ya disini istri saya menambahkan coklat bubuk juga beberapa sendok makan biar lebih sip (kalo nggak mau pake nggak papa).
Aduk bahan 1 - MasakJourney.com

Masukkan krim dan telur, untuk krim sendiri disini fungsinya buat menambah massa dari muffin agar lebih padat. Sebelumnya saya pernah coba tanpa krim, hasilnya sama enak juga, tapi kalo pake krim ini jadi ada sensasi liat gitu deh kayaknya (sotoy) =)) .
Masukkan telur dan krim - MasakJourney.com

Lanjut kalo udah tercampur, masukkin mentega cairnya.
Masukkan mentega - MasakJourney.com

Terakhir choco chip (dan almond tumbuk) dicampur dan diaduk ke dalam adonan.
Masukkan choco chip dan kacang almond - MasakJourney.com

Adonan udah siap nih bro, kira-kira seperti ini gambarnya, bisa di cek gimana tampak atas, samping, depan, udah pas? :))
Adonan muffin siap - MasakJourney.com

Selanjutnya siapkan cetakan muffin yang udah dialasin sama kertasnya, langsung aja deh isi dengan adonan, kalo saya disini cuma 3/4 nya aja, kalo kepenuhan nanti porsinya terlalu besar (alesan aja, padahal biar jadinya banyak :p ).
Cetakan muffin - MasakJourney.com

Tadaaaaaaaaaaa…..
Muffin siap dipanggang - MasakJourney.com

Panggang di dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 20 menit. Nanti kalo udah jadi kira-kira seperti ini bentuknya 😀 .
Muffin matang - MasakJourney.com

Kalo udah selesai tinggal disusun aja di atas piring saji, kalo saya berhubung belum beli piring buat hias-hias, jadi pake piring biasa aja dulu.
Banana choco chip muffin - MasakJourney.com

Ini dia penampakan bagian dalam muffin dengan menambahkan krim yang sebelumnya saya bilang, padat dan agak liat.
Muffin bagian dalam - MasakJourney.com

Yak jadi juga kan, makannya dibarengi dengan minum teh tawar hangat, cocok banget deh buat nemenin malam hari duduk di teras sambil memandang langit dan ngelamunin pacar kamu (asal jangan ngelamunin yang jorok aja). Oh iya, perbedaan antara banana muffin dan banana bread, dua saudara ini, yaitu wadahnya. Karena muffin wadahnya kecil, otomatis memanggangnya pun dengan waktu yang lebih sebentar (setengah kali) dari sodaranya yang dengan wadah lebih besar, udah itu aja sih :)) . Salam MJ!

Log in Facebook to comment