Resep American Soft Bun, Si Roti Lembut Dengan Isian

Posted on Oct 12 2015 - 10:57pm by 2298

Senin siang, tanggal 12 Oktober 2015, saya baru aja bangun tidur dan nggak langsung beranjak keluar soalnya masih lemes-lemes ngantuk akibat tidur agak telat semalem dan siangnya abis nggendong buku bacaan anak satu tas gemblok. Saya ingat kalo semalam abis selesai donlot film kartun, jadi sekalian sambil nunggu badan agak seger saya sambil nonton aja dulu deh. Oh iya ini hari kebetulan di Buenos Aires lagi tanggal merah, cultural day something, yang penting libur deh jadi kami bertiga bisa kumpul seharian di rumah. Lanjut, nggak kerasa film selesai, tetiba aroma semerbak masuk ke dalam kamar dan sontak bikin perut langsung berasa keroncongan plus nafsu pengen ngunyah juga muncul. Langsung saya beranjak dari tempat tidur yang nyaman ini, ngintip ke arah dapur dan mendapati istri saya abis bikin roti. Nggak pake lama langsung saya potong aja rotinya, abis itu makan deh.

Sambil saya ngunyah roti eh istri saya tau-tau bilang, “Itu belom difoto”. Ternyata dari awal istri saya bikin ini roti emang udah difoto-foto, cuma pas rotinya mateng belom sempet tapi udah saya makan duluan :)) . Sambil nikmatin ini roti, trus nanya-nanya kenapa ada ide bikin roti, doi bilangnya ucuk-ucuk kepikiran pengen bikin resep ini yang di dapat dari Tante Nydia. Walau ada beberapa bahan yang nggak disertakan karena emang nggak siap sedia, trus mbikinnya sambil nggendong anak, plus ini kali pertama doi nyoba bikin ini roti, hasilnya bisa dibilang memuaskan. Thanks to my wife for this delicious bread she made, also Tante Njum for the recipe.

Oh iya, abis saya ngunyah 2 potong roti, baru kepikiran buat nanya apa nama rotinya ini :)) . American Soft Bun, yak roti ini kalo saya dulu beli di Indonesia itu satu bungkelan isinya macem-macem, mulai dari coklat, pisang, selai ini itu, sampe sosis. Cuma kalo bikinan istri saya ini ya beda dong, biarpun isinya cuma sedikit (choco chip nya sisa dikit doang :p ) tapi rasa rotinya sendiri udah gurih, karena memang “bun” itu sendiri merupakan roti yang adonannya ditambah dengan susu, gula, dan mentega (juga telur). Itulah yang menjadikan rasanya menjadi gurih dan lebih empuk dari roti biasa. Langsung aja nyok kita mulai bikin American Soft Bun.

Bahan dasar kering

  • Tepung protein tinggi 1/4 Kg
  • Tepung protein sedang 1/4 Kg
  • Ragi instan 8 gram
  • Gula 60 gram
  • Garam 8 gram
  • Susu bubuk 80 gram
  • Bread improver 2 gram

Bahan dasar cair

  • Susu cair (UHT) 150 ml
  • Mentega / Butter 80 gram
  • Air 75 ml
  • Telur 2 butir

Bahan Olesan

  • Telur 1 butir
  • Susu cair 50 ml

Bahan Isian

  • Keju, mesis, selai, choco chip, apa aja yang disuka deh

Cara membuat
Pertama-tama saya mau kasih tau dulu kalo ada 2 bahan yang nggak disertakan yaitu susu bubuk dan bread improver. Untuk susu bubuk kebetulan stoknya lagi abis dan kami disini jarang beli karena susu murni harganya murah dan lebih asli kan daripada yang udah jadi bubuk, kecuali sesekali untuk bahan resep. Kalo bread improver saya disini belum pernah beli karena emang sampe saat ini belum nemu di supermarket yang ada disini, mungkin harus nyari ke toko khusus kue. Bread improver ini memiliki peran yang cukup penting terhadap American Soft Bun karena berfungsi untuk menguatkan zat gluten di dalam tepung. Nantinya tekstur roti yang dihasilkan akan lebih halus dan lebih lembut dengan menggunakan bahan ini.
Bahan-bahan bun - Masakjourney.com

Membuat roti ini bisa dibilang cukup mudah karena tinggal mencampur aja semua bahan lalu diaduk pake tangan. Di list bahan-bahan diatas udah saya bagi-bagi bahan kering dan basah, yang pertama kali dilakukan itu mencampur semua bahan-bahan kering ke dalam wadah, kalo kami biasa deh pake baskom.
Campur bahan kering - Masakjourney.com

Campur dan aduk sampai rata bahan-bahan kering, setelah itu masukkan telur.
Masukkan telur - Masakjourney.com

Bejek-bejek pake tangan sampe rata
Aduk telur - Masakjourney.com

Kalo udah rata giliran masukin air dan susu sedikit demi sedikit sambil lanjut nguleninnya
Masukkan susu dan air - Masakjourney.com

Untuk selanjutnya masukkan margarin, uleni terus sampe kalis, kalo udah istirahatin adonannya 10 menit. Untuk selanjutnya ini sampe proses mau panggang fotonya nggak ada, soalnya istri saya bilang agak ribet foto sambil gendong anak sambil ngulenin :)) .

Setelah 10 menit adonannya dibagi kira-kira seberat 40 gram, lalu isi dengan bahan isian sesuka hati aja. Kalo disini sekarang yang kebetulan ada cuma choco chip, jadi ya itu aja deh yang dipake. Kalo udah semua dibentuk rotinya, istirahatin lagi 10 menit sebelum proses pemanggangan nanti.

Untuk loyangnya bisa pake yang model apa aja yang penting loyang untuk roti. Mungkin macam pyrex gitu bisa, tapi kami belum pernah coba kalo untuk roti-rotian gini. Loyangnya diolesi dulu dengan mentega biar nanti rotinya nggak lengket. Kalo udah selesai 10 menit istirahat rotinya tinggal dimasukkin aja semua ke dalam loyang, kasih jarak antar rotinya, jangan saling nempel. Setelah itu kasih istirahat lagi sebelum dipanggang, biar agak ngembang, kira-kira 10 menit lagi.
Bun siap dipanggang - Masakjourney.com

Bahan olesan telur dan susu tadi dicampur dan dikocok, trus sebelum rotinya masuk ke dalam panggangan diolesi dulu bagian atasnya pake bahan olesan ini, biar mengkilap dan silau men rotinya 😀 . Untuk suhu panggangnya itu 190 derajat celcius selama 20 – 25 menit, dan ini dia American Soft Bun buatan istri saya tercinta yang udah saya comot sebelum sempet difoto :)) .
Bun matang - Masakjourney.com

Kebetulan di freezer masih ada sisa es krim, jadi biar lebih mantep makan roti pake es krim, kalo di Indo kayak es nongnong gitu ya, hehe..
American Soft Bun - Masakjourney.com

Bisa diliat kan, tekstur bagian dalam roti belum terlalu halus dan lembut, karena seperti yang tadi saya bilang, nggak dipakein bread improver, tapi kalo soal rasa mah jangan ditanya, nih baru bentar udah lenyap separo loyang lebih.
Nggak tahan - Masakjourney.com

Roti, lebih spesifiknya lagi jenis Bun, di Indonesia udah banyak banget yang jual, dari mulai toko-toko besar sampe abang-abang keliling, dari merek terkenal sampe merek rumahan. Jadi emang nggak susah buat beli roti model seperti ini yang udah jadi, tapi kalo kita bisa bikin sendiri, kreasi dengan isi kesukaan sendiri, pasti jadinya lebih enak, lebih seru, dan pastinya lebih sehat 😀 . Salam MJ!

Log in Facebook to comment